EKI Dance Company

balet3.jpg

LETAKNYA berhadapan dengan Kuil Buddha Hoseiji di jalan Padang di belakang Pasaraya Dept. Store Manggarai. Ia mulai berdiri pada 1996 oleh suami-istri Aiko Senosoenoto dan Rusdy Rukmarata. Aiko selaku direkturnya sementara Rukmarata termasuk salah satu koreografer terbaik di Indonesia. Tempat ini tak cuma sebatas kelompok tari tapi juga ”sebuah wadah yang secara profesional mengelola seni dalam arti luas.” Mulai dari pendidikan dan pementasan seni hingga set panggung macam tata lampu, tata suara maupun properti.

Bermula dari kepedulian terhadap perilaku anak muda yang bermasalah, dance company ini berkembang dan dikelola secara profesional. Di bawah EKI production, ia memanajemi Sujiwo Tejo, dalang Nanang Hape, Rusdy Rukmarata, penari Takako Leen, dan selebritis macam Uli Herdiansyah maupun Aida Nurmala. Ia pun didukung 28 penari.

Itu semua bergerak dari rumah Aiko yang kini menjadi Kuil Hoseiji tersebut. Kuil itu terpugar menjadi seperti sekarang sejak 2001. Pilar-pilarnya terlihat kokoh dan gemuk dari sebuah bangunan yang megah. Setahun berikutnya, EKI Dance pindah ke lokasi di seberangnya.

Saat awal-awal kelahirannya, para penari dididik di ruangan 5×5 meter persegi di sebelah kamar Aiko. Ibaratnya, kata Aiko, “mereka latihan, makan dan tidur di sebuah tempat yang sama.

Kini para penari EKI menempati asrama tiga lantai. Lantai bawah menjadi ruang keluarga mereka. Dua lantai di atasnya masing-masing berisi empat kamar, tiap kamar ditempati empat penari. Tempat latihan dipisahkan ruang tamu dan kantor. Ia berjumlah tiga. Dua di lantai bawah dan satu di atasnya.

Di samping asrama itu ada pula kandang anjing peliharaan. Jumlahnya sepuluh. Para penari biasa memandikannya dan cukup terhibur atas kehadiran anjinganjing itu.

Lain dari sekolah tari umumnya, EKI memadukan konsep tari, musik, dan teater.
Semuanya bersatu-padu membentuk sebuah pergelaran seni pertunjukan yang cukup menarik. Terakhir, pentas terbesar mereka Freakin’ Crazy, akhir Maret 2006, mengambil banyak selebritas macam Marcella Zalianty dan Fauzi Baadilla.

Selain itu para penari EKI menguji kemam puannya secara rutin. Biasanya sebulan sekali. Tempat yang kerap dipakai di Viky Sianipar Music Centre di Minangkabau Timur no. 43, tak jauh dari tempat EKI. Pada 28 Maret ini, dimulai jam 8 malam, mereka mementaskan Kabaret Jo atawa Ketawa Bareng Tejo. Pentas ini selalu menyajikan gabungan tari, teater, musik atau lagu dan talkshow. Ada juga pameran lukisan karya Sujiwo Tejo. Bintang tamu kali ini diisi Helmi Yahya.

Nama Karmawibhangga terinspirasi dari nama relief di Candi Borobudur, candi Buddha terbesar di dunia, dibangun semasa dinasti Syailendra (752-832 SM). Aiko seorang pandita utama atau bikhu dari Yayasan Pandhita Sabha Buddha Dharma Indonesia. Sekolah tari di EKI Dance sedikit banyak berkembang dari sumbangan yayasan tersebut.

Bagaimana mendaftar EKI?

Iwan Setiawan, humas EKI, mengatakan anda cukup datang saja ke tempat EKI. EKI buka pendaftaran tiap hari. Nama anda akan dicatat. Biasanya, jika sudah terkumpul 10 pelamar, dibukalah audisi. Mereka dituntut harus bisa menari, menyanyi, sekaligus berteater.

Syaratnya cuma satu, anda harus berusia di atas usia SMA. Itu situasi normalnya. Jika terpilih, anda akan ikut skema latihan EKI. Mula-mula anda masuk masa uji coba selama tiga bulan. Kemudian berlanjut sampai 6 bulan lalu kontrak setahun jika anda bisa melewatinya. Rentang kontrak seterusnya akan tambah panjang seiring anda meniti karir selaku penari secara penuh. EKI akan menyediakan keperluan dan membayar anda.

Baik para penari EKI yang telah siap pentas maupun penari yang masih dalam tahap belajar sehari-harinya mulai latihan dari jam 9 pagi sampai 5 sore. Mereka menerima kelas kontemporer, balet, dan movement. Mereka juga kadang menerima kelas tambahan seminggu sekali macam jazz atau tango. Juga ada kelas untuk kemampuan berbahasa Inggris saat malam hari.

Instruktur tari mereka Rusdy Rukmarata, Rudolf (Rudy) Wowor, dan Chichi Kadijono. Adapaun pengajar kursus bahasa Inggrisnya bernama Sonya. Selain itu, EKI juga kini mulai membuka studio art I, yang menerima anak-anak usia 4-12 tahun untuk belajar seni tari, musik dan akting. Ada juga kelas balet untuk anak usia 12-16 tahun dengan pengajar Rudy Wowor.

Menanti Nyonya Kadaluwarsa

Pada 16-27 Mei nanti di Gedung Kesenian Jakarta, EKI Dance Company kembali menggelar pentas pertunjukkannya setelah setahun absen. Bertajuk Miss Kadaluwarsa, pentas ini disutradarai Rusdy Rukmarata sekaligus sebagai koreografernya.

Pementasan ini bakal dimeriahkan deretan nama tersohor dari kalangan dunia hiburan macam Sarah Sechan, Aida Nurmala sampai model cantik Ira Duaty. Dan tentu saja penampilan penari utama EKI : Takako Leen. Pementasan ini rencananya akan dibawa keliling ke Bandung, Yogyakarta dan Surabaya.

Pentas musikal ini berdasarkan buku kumpulan cerita pendek Sex and the Cookies karangan Ingrid Widjanarko. Penulis ceritanya diserahkan kepada Alim Sudio beserta Aiko dan Uli Herdiansyah. Komposernya Sujiwo Tejo dengan Bintang Indrianto sebagai penata musik serta Samuel Wattimena selaku penata kostum.

Hampir selama 6 bulan tim produksi memersiapkan pentas ini, memakan 600 jam latihan, dan melibatkan 300 orang. ”Ini semua akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para penonton,” ata Aiko, direktur EKI sekaligus produser Miss Kadaluwarsa.[FAHRI]

Eksotika Karmawibhangga Indonesia
Jl. Padang no. 30, Manggarai
Jakarta 12970
T: 831-2377, 831-3029, 8379-0618
F: 8314950,
E: eksotika@indo.net.id
http://www.eksotika.net

Artikel terkait [klik linknya]
Dipersembahkan untuk para pebalet. – Dari liputan sekolah-sekolah balet, wawancara Farida Oetoyo, hingga esai foto si kembar Adella dan Alleta.

Published by

bataviase

Bataviase Nouvelles adalah kelanjutan koran pertama di Indonesia, yang terbit pertama kali 8 Agustus 1744. Diterbitkan kembali sejak 9 September 2006, sebagai koran bulanan, menyajikan informasi agenda pilihan dari pilihan warga Jakarta.

24 thoughts on “EKI Dance Company”

  1. saya bercita2 ingin menjadi penari profesional karna saya menyukai hobi tersebut dari kecil. Mulai dari ekskul di sekolah saya sdh ikuti. Untuk kedepannya saya msh bingung apakah saya bisa bergabung???tol beritahu solusiny untuk bergabug dgn EKI DANCE

    Like

  2. saya ingin bergabung di eki dance ini,umur saya 21 tahun.
    saya menyukai nari dan teater
    tapi saya belum mempunyai basic nari (mis: balet)
    apakah saya bisa ikut bergabung?
    apakah saya sudah terlambat untuk mengikuti balet pada usia saya sekarang ini?

    Like

  3. Menjadikan penari sebagai sebuah profesi adalah impian saya. Saya memiliki beberapa macam dasar tarian. Semoga keinginan saya bergabung dengan EKI dance company bisa terwujud tahun ini. Thx.

    Like

  4. saya ingin bergabung di EKI,umur saya 19 tahun. saya sangat suka menari dulu saya pernah mengikuti sanggar tari…. bagaimana cara bergabung di Ki dengan basic seminim saya?

    tks nieta, tanya langsung ke EKI, ya
    ada alamat, telepon, HP, email….
    good luck

    Like

  5. salam,

    saya denny jay naim, saya dari batam ingin sekali menjadi salah satu penari professional diEKI DANCE COMPANY, karna selain hobby, saya juga mencintai seni.. apakah saya masih bisa diterima di EKI, mengingat umur saya sudah 25 tahun.. jika masih bisa, saya ingin segera kejakarta dan mengikuti kegiatan2 yang ada di EKI DANCE COMPANY.. saya sangat mendambakan untuk bisa menjadi penari yang handal dan dibanggakan.

    sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimA kasih

    Like

  6. saya ayu , umur 17thn . Sejak SMP ,saya ikut ekstrakurikuler modern dance . Rencananya saya ingin masuk sanggar tari . Bagaimana cara mendaftar EKI? Apa sja syarat2nya?

    Like

  7. anak sy suka dengan dunia dance tapi sampai sekarang belum pernah sekolah dance(dia skrng umur 15 th)nanti setelah dia lulus sma sy mau dia masuk di sklh dance eki bisa gak ya?

    Like

  8. saya suka banget nari,dari dlu setiap ada less tari saya slalu usahain ikutan..
    umur saya 19 tahun,dan saya jg sedang bekerja tapi saya mau ikutan di EKI gmn ya caranya?
    ooo iya trus klo mau ikutan d EKI ada syarat2 fisik ga…
    saolnya tgi badan saya ga proforsional hanya 158 cm,berat saya 43 kira2 bisa ga ya saya ikutan gabung dance di EKI?

    Like

  9. saya gemar sekalih dg tarian2 dan saya pengen bergabung dg eki bagai mana caranya saya dapat memperoleh kesempatan beragabung dg eki tlng balas ke alamt email saya atao ke hp saya 085782510865 aku tungu

    Like

  10. huy Saya Rara… dr SMP Saya suka Bngt Ma dancer Smpe skarang Ch baru lulus SMA. eky…. klu mau ikut ScuL Dancer di Kamu Syarat’y apa Aja? Umur saya ch baru 17. Kalu Tinggi badan 165. di Tunggu ya balesannya

    Like

  11. Shalom…
    Saya Rachel sarjana seni tari,sejak TK sampai sekarang saya masih aktif menari di berbagai even,mengajar di SMA,melatih tari di rumah. Apakah saya masih mempunyai kesempatan untuk bergabung?meskipun basic saya dari tari tradisi,tapi saya tipe orang yang suka belajar dan sering terlibat dalam tari garapan baru atau kontemporer. Jika tidak keberatan,mohon balasan dikirim ke email saya di rachel_ika@yahoo.co.id.
    Terimakasih dan Tuhan Berkati…

    Like

  12. shalom saya virgin umur saya 18th sejak usia saya 15 tau saya suka dngan dance…saya ingin sekali mengikuti sangar dance di eki ,saya mau daftar yapi gimna cara’y?tingg saya 163 cm berat 50kg…dan sayart’y apa saja?

    Like

    1. Halo Virgin,

      Tidak ada syarat tertentu. Apabila kamu lolos audisi, kamu bisa menjadi penari EKI Dance Company.
      EKI bukan sanggar seni, namun perusahaan seni. Penari EKI bekerja full time dibawah manajemen EKI Dance Company.

      Like

  13. pagi,ya saya blinda,ya saya kpingin bgt mau msk dancer gtu,tp gmm caranya??????????????????????????????please kasih kbr k q ya?nic no q 02194851782.q tggu scpanya ok thx

    Like

  14. hallo..
    sy tingginya 158,dan sy blm prnah ikut school dance sblmnya.sy bs ketrima ngga kl gabung d eki?sy umur 20thn.suka banget dance thats why i want to be learn.
    pliz contac me@085814975032..
    thx…:)

    Like

  15. Saya usia 33 saya pernah ikut sanggar tari DUFAN tahun 2003 selama 6bln, saat ini saya bekerja sbg karyawati. Saya ingin sekali bisa menari karena saya melihat menjadi penari bisa di jadikan sbg lahan utk mencari uang tambahan.
    Mohon di berikan penjelasan apakah saya menjadi salah satu murid anda.
    Terima kasih banyak

    Like

Leave a comment