Play Me, I’m Yours

Sudah sepuluh tahun ini Luke Jerram membawa instalasi “Play Me, I’m Yours” berkeliling dunia. Bermula pada 2008 di Birmingham, Inggris, 15 piano ditempatkan di berbagai lokasi umum seperti stasiun, taman, mall dsb selama 2-3 minggu.
Seusai acara, piano-piano tersebut dihadiahkan ke sekolah-sekolah atau komunitas di area sekitar.

Idenya muncul saat ia menunggu cucian di sebuah laundry beberapa akhir pekan. Ia mengamati bahwa setiap minggu datang orang-orang yang sama, tapi tak ada yang ngobrol. Dan tiba-tiba ia pun tersadar bahwa:
“Di dalam sebuah kota pasti ada ratusan invisible communities, komunitas yang tak terlihat, secara reguler mereka bersama menghabiskan waktu dalam kebisuan. Dengan menempatkan piano di ruang kebisuan, ia menjadi solusi masalah, berperan sebagai pemicu percakapan dan membawa dinamika dalam ruang publik. Ada beberapa perkawinan terwujud berkat proyek ini.”

Di video ini, Asta Dora, seorang bocah usia 9 tahun dari Islandia menghampiri Play Me piano dan memainkan karya Mozart, The Turkish March. Seorang commuter terkagum-kagum, tak mau beranjak sampai Asta Dora selesai memainkannya. Seorang wanita ternganga-nganga dan memberi tepukan high-five.

Di setiap kota bahkan di kota yang sama, setiap harinya pasti ada kejadian-kejadian berbeda namun menyentuh dan meningkatkan rasa kebersamaan antar warga kota. Tengoklah bagaimana respons masyarakat Melbourne ketika Piano Play Me I’m Yours diselenggarakan pada 2014.
Mereka juga membuat laporan rinci yang sangat bagus “It made thousands of people feel connected with strangers and place. Our findings show that Play Me, I’m Yours brought an experience of wonder, joy, delight and happiness, into people’s everyday lives.” Laporan lengkap ada di sini

Dan sejak 19 January hingga 4 February 2018, 21 piano ditempatkan di berbagai lokasi di Melbourne untuk mengulang peristiwa positif itu, dengan hashtag #StreetPianosMelb di media sosial.

Ada yang mau menyelenggarakan di Jakarta? Hubungi admin@lukejerram.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s