Koperasi transportasi-publik ala Amerika

Jika dilandasi niat baik dan pengetahuan luas, pembentukan korporasi transportasi ternyata bisa lebih beradab dan memihak rakyat.

Beberapa negara bagian Amerika Serikat mengizinkan perusahaan-perusahaan swasta dan pemerintah membentuk korporasi nirlaba untuk perancangan dan pengembangan proyek-proyek transportasi.
Pada Agustus 2005 Parlemen negara bagian Missouri, Amerika Serikat, mengesahkan pembentukan korporasi transportasi. Struktur legislasi ini kemudian menjadi contoh bagi yang lain.

Dinyatakan peran Korporasi Transportasi antara lain:

  • secepatnya menyelenggarakan sistem transportasi berlajur khusus
  • menjalankan fungsi-fungsi yang biasanya dilaksanakan oleh Departemen Perhubungan, sehingga mengurangi beban tugas dan anggaran belanja
  • mempromosikan dan mengembangkan fasilitas dan sistem transportasi publik, sehingga mengembangkan perekonomian negara dan meningkatkan kualitas hidup.

Ditekankan bahwa korporasi transportasi “tidak akan bertindak sebagai agen atau instrumen dari interes swasta meski banyak interes swasta boleh mengambil manfaat sebagaimana juga masyarakat umum.”

Minimal 3 voters (apakah ini berarti golput tidak berhak…) boleh membentuk korporasi transportasi, mengajukan rancangan dan spesifikasi proyeknya termasuk data finansial. Korporasi dikelola oleh sebuah dewan direksi dan direksi penasehat yang tidak digaji.
Pembentukan korporasi harus melalui public hearing, diumumkan pada masyarakat, juga kepada para pemilik properti di area sasaran, dan harus melalui persetujuan pemerintah daerah, kota, mau pun desa.

Proyek juga harus merupakan suatu kebutuhan, penambahan yang diharapkan, atau melengkapi sistem transportasi negara, korporasi juga harus memiliki dana yang cukup untuk membiayai proyek itu.
Beberapa metode pendanaan -dalam koridor hukum- boleh digunakan koporasi, seperti penerbitan berbagai jenis obligasi, dengan jaminan dalam berbagai bentuk.

Untuk lebih jelasnya, simaklah buku “Alternative Funding Strategies for Improving Transportation Facilities” yang bisa diunduh dari folder PDF dalam BOX di kolom kiri.

Apakah ini adaptasi dari sistem koperasi Bung Hatta —yang dipuja-puji semua ekonom, tapi tak pernah dikembangkan agar bisa digunakan di level pemerintah? hiks…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: