Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin

Pusat Dokumentasi Sastra (PDS) H.B Jassin merupakan suatu lembaga nirlaba yang salah satu tugasnya adalah mendokumentasikan hasil cipta sastra bangsa Indonesia.

Berlokasi di dalam Taman Ismail Marzuki (TIM), gedung di lantai dua itu terletak di belakang Planetarium. Setiap hari dikunjungi sekitar 30 orang, yang sebagian besar adalah pelajar SMA, selain mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi atau peneliti sastra Indonesia dari dalam dan luar negeri.

Menjelang sore hari, beberapa penyair dan pengarang berkumpul untuk berdiskusi atau mendampingi Endo Senggono, Kepala Perpustakaan PDS H.B Jassin yang kerap menerima rombongan siswa dan mahasiswa dari beberapa daerah di Indonesia yang melakukan studi banding dan jumpa dengan
sastrawan. Setiap tahun PDS H.B Jassin menerima sekitar 30 rombongan. Setiap rombongan terdiri dari 50-200 orang.

Pelbagai acara peluncuran buku, diskusi dan pembacaan karya sastra diselenggarakan di PDS H.B Jassin. Dalam ruangan nyaman berpendingin itu, para sastrawan menjumpai pembacanya dalam suasana hangat kekeluargaan. Nama-nama mentereng di jagat sastra seperti Eka Budianta, Martin Aleida, Dodo Arumdono, Eka Kurniawan, Jonathan Rahardjo, Arie MP Tamba, Geger, Helvi Tiana
Rosa, Rara Gendis, Djenar Mahesa Ayu, Sihar Ramses Simatupang, Hamsad Rangkuti, Sides Sudiarto dan Binhad Nurohmat sering dijumpai di PDS H.B Jassin.

Bermula dari diskusi kecil dan obral obrol, lalu terwujud berbagai penerbitan buku seperti antologi puisi Mahaduka Aceh yang merespon musibah bencana tsunami di Aceh, misalnya. Ada pula yang mengeduk inspirasi penulisan cerpen dan esai sastra untuk koran nasional. Atau sekadar menulis untuk berkala budaya seperti Mejabudaya walau terbitnya kembang kempis.

Penyusunan Dokumen “Koleksi sastra Indonesia modern yang dimiliki PDS H.B Jassin pada saat ini dapat dikatakan yang terlengkap karena hampir setiap karya sastra yang terbit didokumentasikan,” kata Endo Senggono.

Selain itu, PDS H.B Jassin juga menerima surat kabar dan majalah dari semua daerah di Indonesia. Dengan demikian, tulisan tentang sastra dapat didokumentasikan atau dibuat kliping. Karya sastra yang diklipingkan, antara lain, puisi, cerita pendek, cerita bersambung dan berbagai ulasan atau esai sastra.
Dokumen yang ada di PDS H.B Jassin terdiri atas berbagai bentuk, seperti buku, kliping, lukisan, puisi konkret, rekaman suara, kaset video, mikrofilm naskah tulisan tangan (antara lain tulisan tangan Chairil Anwar) yang berbentuk puisi dan naskah novel Ziarah karya Iwan Simatupang), naskah ketik, dan surat-surat pribadi.

Pengelolaan dokumen yang ada mengikuti cara H.B Jassin, yaitu dengan membaginya ke dalam enam kelompok:

1. Kritik dan Esai, berisi karya kritik dan esai tentang kesusastraan serta karya nonfiksi dari seorang sastrawan;
2. Prosa dan Puisi ;
3. Drama, yang terdiri dari naskah drama Indonesia dan drama asing yang diterjemahkan dalam bahasa Indonesia;
4. Biografi Pengarang, berisi daftar riwayat hidup, kliping tentang sastrawan dan surat-suratnya;
5. Prosa dan Puisi yang diterjemahkan dalam bahasa Indonesia;
6. Subyek-subyek khusus, dokumen yang dimasukkan dalam kelompok ini bersifat khusus, tetapi msih erat kaitannya dengan kesusastraan. Penyusunan berdasarkan subyek yang awalnya ditentukan oleh H.B Jassin, tetapi kemudian dikembangkan sesuai keadaan.

Selain itu, dokumen-dokumen tertentu dikumpulkan pada tempat tersendiri dan menjadi satu koleksi, antara lain koleksi majalah sastra seperti Pujangga Baru, Kisah, Sastra, Budaya Jaya, Horison, dan berkala sastra yang terbit dari beberapa daerah di Indonesia seperti Sagang dan Menyimak (Riau), Cak (Bali), Gong (Jogja), Cokek (Solo), disamping majalah hiburan.

Skripsi dan disertasi para sarjana dari beberapa pergururuan tinggi di Indonesia dan mancanegara seperti Universiti Malaya-Malaysia, Australian National University (Canberra), Monash University (Melbourne) dari Australia, University of Michigan (Madison, USA) dan University Paris (Prancis). Koleksi sastra Melayu-Cina, antara lain karya Kwee Tek Hoay, Lim Kim Hok, dan F.Wiggers yang
diterbitkan pada tahun 1900-1940.

PDS H.B Jassin juga mengoleksi makalah-makalah dari diskusi, seminar atau kongres sastra-budaya, disamping foto pengarang, serta koleksi rekaman suara dari pembacaan puisi Rendra, Sapardi Djoko Damono, drama Orexas oleh Remy Silado dan wawancara dengan H.B Jassin. Video tentang profil sastrawan yang dikerjakan Yayasan Lontar dalam proyek On The Record serta program Maestro Metro TV pun dapat dilihat di sini.

Begitu besar animo masyarakat mendatangi PDS H.B Jassin dalam setiap acara. Sayangnya, tangga menuju gedung di lantai dua itu begitu tinggi,”Susah dicapai untuk orang-orang yang sudah sepuh,” kata M. Husseyn Umar SH, ketua pengurus Yayasan Dokumentasi Sastra H.B Jassin. “Paling tidak harus ada lift, agar para pengarang yang sudah sepuh bisa mengunjungi PDS H.B Jassin,” imbuhnya.

Beberapa kominitas sastra dan budaya seperti Mejabudaya diketuai Martin Aleida, Matabambu yang dimotori Arie MP Tamba, Komunitas Sastra Indonesia, digerakkan oleh Wowok Hesti Prabowo atau Masyarakat Sastra Jakarta menggunakan PDS H.B Jassin sebagai pusat kegiatannya. Acara peluncuran buku, diskusi dan pembacaan puisi sering juga digelar. Dengan audiens yang terdiri dari sastrawan, seniman, aktifis, mahasiswa dan selebritas. Tak ketinggalan para punker pun ada lho! (Haska)

Tulisan terkait: Surat HB Jassin

10 Responses

  1. Dengan hormat
    Kami ingin mendapatkan buku-buku karangan Alm. H.b.Jassin, bagaimana caranya, apakah Pusat Dokumentasi ini bisa membantu kami dengan mngirimkan buku-buku yang kami maksud dan buku-buku lainnya untuk menambah koleksi perpustakaan sekolah dan perpus. masyarakat yang kami bina
    Demikian, atas bantuannya kami ucapkan terima kasih
    Supianoor,S.Pd
    Desa Bakarangan RT.01/I, Kec. Kusan Hulu, Kab. Tanah Bumbu KP. 72272 Kalimantan Selatan

  2. Pak Supianoor yth,
    mohon hubungi langsung PDS HB Jassin di +6221 3193 6641 atau email pengelola TIM melalui pkj_tim@cbn,net.id.
    semoga berhasil.

  3. apakah naskah lakon panji koming ada?

  4. Pak, apakah saya bisa dibantu untuk mengcopy naskah “bukan saya, tapi mereka yang gila” karya stefani hid beserta copy naskah asli “Pulang” karya toha mohtar, beserta copyan mengenai kritikan terhadap kedua karya tersebut.

    saya harap di balas secepatnya melalui email saya, karena naskah itu merupakan bahan dalam pembuatan skripsi saya.
    atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.

  5. Dengan hormat,
    saya memohon bantuan bagaimana saya mendapat karya puisi terbaru H.B. Jassin.

    terima kasih…

  6. selamat siang

    mohen berikan data web. atau email Pusat dokumentasi H.B Jassin.

    Trimakasih

    Salam

    Zain

  7. pak saya mohon kirimi saya tentang data novel Kabut dan Mimpi karya Budisardjono.

    trimakasih

  8. selamat siang

    pak, saya mahasiswa dari universitas Udayana Denpasar ,
    bali. saya ingin mengetahui apakah novel ” Orang-orang Malioboro” karya Eko susanto sudah ada yang meneliti atau memberikan komentar dari segi sosiologis ataupun psikologimya? saya harap di balas segera ke alamat email saya, karena saya sangat membutuhkan data tersebut untuk bahan saya membuat skripsi.

    terima kasih

  9. Saya tertarik dengan karya2 H.B. Jassin, chairil anwar, & sastrawan2 angkatan 60an..klo ingin mengunjungi PDS H.B. Jassin apa harus rombongan atau boleh scra individual? thanks.

  10. saya mau tanya..alamat email PDS HB Jassin..mohon bantuannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: