Patriot dan Politick

Semalam Cinemax memutar film Running Mates (2000) tentang dilema kandidat presiden dalam menentukan pasangan sebagai wakilpresiden, diproduseri oleh Gerald Rafshoon, mantan direktur komunikasi Gedung Putih era Jimmy Carter.

Ada satu kalimat yang dua kali diucapkan oleh juru kampanye Lauren, di awal dan di akhir film: “I am a patriot, Sir.”  Dan terbersit pertanyaan: adakah patriot di arena politik kita masa kini?

Kata patriot muncul 400 tahun lalu di Prancis, patriote, berasal dari kata Latin patriota dan Yunani patriotes, asal katanya patria, pater, bapak.
Menurut definisi Merriam-Webster, patriot adalah “seseorang yang mencintai negaranya, mendukung pemerintah dan haluan negaranya.”
Menurut Encarta: “orang yang dengan kebanggaan mendukung atau membela negara dan haluan negaranya.”

Melihat apa yang dicontohkan oleh kebanyakan politikus kita, terkesan bukanlah sikap-sikap patriot, tetapi lebih mengarah pada perilaku seorang politick.

Urban Dictionary menjelaskan politick adalah “seseorang yang memasuki karir politik untuk kepentingan pribadi dengan mengorbankan kepentingan orang lain. Parasit dalam sistem politik yang menyebabkan berbagai keburukan.”

The Patriotic Post mengurainya sebagai “seorang politikus yang mengutamakan kepentingannya sendiri daripada kepentingan mereka yang diwakilinya. Para politikus ini menggerogoti sumber-sumber berharga untuk menghidupi teman-teman dan keluarganya”.

Dalam Running Mates, kandidat presiden ditawari 100 juta dollar jika memilih Morris sebagai pasangannya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: