Walikota menanggapi kerusuhan


Unjuk rasa massa di Beograd sebelum kejadian [foto: tanjug].

Kemarin Kedutaan Besar Amerika Serikat di Beograd, Serbia, dibakar massa. Dunia melihatnya sebagai tanda kemarahan Serbia atas pernyataan Bush yang mengakui kemerdekaan Kosovo. Sisa Yugoslavia ini semakin tercabik-cabik. Satu lagi negara mini di dunia lahir dan kawasan yang tersohor sebagai pemicu Perang Dunia ini kembali panas.

Kita prihatin, dan kita harapkan para diplomat dunia bisa lebih bijak dan lebih memperhatikan nasib mereka-mereka yang hanya ingin hidup, makan, tidur, nyaman bersama keluarganya.

Hari ini di sebuah kota kecil, di utara Serbia, Zrenyanin, ratusan anak-anak muda, sebagian besar pelajar, mencontoh Beograd. Berarak mengelilingi kota sambil merusak dan menjarah. Adalah pernyataan walikota Zrenyanin yang menarik untuk disimak, dibanding pernyataan tokoh-tokoh dunia :

Insiden semalam bukan merupakan ungkapan pendirian wargakota terhadap kemerdekaan Kosovo, melainkan perbuatan kelompok-kelompok kecil anak muda yang tak bertanggungjawab, yang penting bagi mereka adalah kesempatan untuk merusak dan menghancurkan sesuatu tak pandang alasannya apa.
Mereka tak berfikir pada akibatnya. Mereka menghancurkan kotanya sendiri, mereka meniru-niru para huligan Beograd, yang akibat-akibat buruknya bisa kita ikuti di media massa.
Kita harapkan polisi melakukan tugasnya, yaitu melindungi warga kota dan propertinya dari segala kekerasan. Kekerasan tidak boleh ada di kota kita ini.

Itulah kegusaran Goran Knezevic, sang walikota yang populasi kotanya 80ribu (di seluruh wilayah administrasinya hanya ada 130ribu orang). Bukan tidak mungkin di kota-kota lain di Serbia juga sedang terjadi peristiwa serupa. Semoga bisa diatasi dan dilokalisir. [sumber: zrenjanin online]

2 Responses

  1. Betoel poen, kekerasan tjoeman aken asilin kekerasan lagih…

  2. Ass. Wr. Wb.,

    Mohon doa restunya..

    No1 Dada Rosada-Ayi Vivananda

    Pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Bandung 2008-2013

    Wass. Wr. Wb.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: