Eksotika Indonesia

Hari minggu 19 Agustus mendatang, di Jakarta akan digelar pawai budaya Eksotika Indonesia. Menurut rencana, Presiden dan Wakil Presiden akan memberangkatkan pawai 33 provinsi ini dari halaman Istana Merdeka di jalan Merdeka Utara. Panggung utama berada di sini.

Iring-iringan yang menampilkan seni tari, musik, dan busana khas setiap provinsi tersebut kemudian akan bergerak menuju panggung kedua. Ia berlokasi di halaman Kementerian Komunikasi dan Informasi di jalan Medan Merdeka Barat nomor 9.

Kelompok-kelompok musik, marching band, pencak silat serta mobil-mobil hias akan menyemarakkan suasana. Dilanjut ke panggung ketiga di halaman Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata di jalan Medan Merdeka Barat nomor 17, dan akan diakhiri di Taman Monumen Nasional.

Eksotika Indonesia ini merupakan puncak rangkaian kegiatan seni budaya yang diselenggarakan oleh Panitia Nasional Peringatan HUT ke-62 Proklamasi Kemerdekaan RI. Diawali di Istana Bogor pada 12 Agustus 2007 kemarin dengan acara lomba lukis dan cipta puisi anak-anak memperebutkan Piala Presiden dan Ibu Negara.

Kemudian 14 Agustus besok di Taman Mini Indonesia Indah akan menggelar Parade Tari Nusantara. Acara yang dipentaskan di Sasana Langgeng Budaya ini akan menyajikan seni tari dari 33 provinsi yang diiringi musik hidup.

16 Agustus, Panitia akan menampilkan paduan suara dan orkestra Gita Bahana Nusantara pada acara Sidang Parpurna DPR/MPR. Paduan suara 400 siswa SD DKI Jakarta ini juga akan melantunkan aubade di Istana Merdeka pada upacara detik-detik Proklamasi 17 Agustus.

Festival Film 62 Layar Tancap digelar pada 18 Agustus di lima wilayah Jakarta, masing-masing dengan sepuluh layar. Sedangkan khusus di Gelora Bung Karno dipasang 12 layar.

Informasi lebih lanjut:
Departemen Kebudayaan dan Pariwisata
Gedung Sapta Pesona
Jl. Medan Merdeka Barat No. 17
T 383-8167 F 384-9715

One Response

  1. […] ke Istana Merdeka, atau ke jalan Medan Merdeka Barat, atau ke lapangan Monas. Lengkapnya di Eksotika Indonesia. Kapan lagi bisa liat ribuan orang Indonesia dari seluruh propinsi numpleg-bleg di Jakarta […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: