Bukannya “Mengusik Kenyamanan”, Al…

Ini Mengerikan!

“Yang menyulitkan kita bukanlah sesuatu yang tidak kita ketahui: pemanasan global.
Hanya saja orang-orang terlalu skeptis untuk menyadari betapa CO2 dan gas rumahkaca lainnya, yang terperangkap dalam atmosfer, telah membuat temperatur bumi semakin panas.”

Itulah yang dipaparkan Al Gore, mantan wakil presiden AS sekaligus mantan kandidat presiden AS pada pemilu 2000, dalam film dokumenter berdurasi 96 menit ini. Kepada audiens yang mengikuti presentasinya, ia menegaskan bahwa planet ini benar-benar berada dalam keadaan darurat.

Bukannya untuk menakut-nakuti, atau membuat penonton terlonjak dari kursinya sebagaimana film horor, An Inconvenient Truth menciptakan kengerian apokaliptik yang mengesankan: potret-potret mencairnya es, pemanasan global, perubahan iklim, lengkap dengan tabel, grafik dan ilustrasi, serta akibat-akibat buruk dan paling buruk yang pasti ditimbulkannya.

Gambar demi gambar semakin menegaskan pesan Al Gore. Dengan runtut dan dengan bahasa yang “sederhana”, ia yang berjuluk Manusia Ozon itu mempertontonkan fakta dan data betapa manusia sedang menghancurkan bumi. Emisi gas-gas rumah kaca, yang dihasilkan —terutama sekali oleh industri yang mempergunakan bahan bakar fosil, membuat segalanya menjadi buruk: banjir, meningkatnya permukaan air laut, kekeringan, kelaparan, penyakit, topan, puting beliung, kebakaran hutan, kerusakan lingkungan, dan sebagainya.

Senyatanya, hal-hal seperti itulah yang dikatakan Al Gore sebagai “Sebuah Kebenaran yang Mengusik Kenyamanan.”
Memang, kebenaran macam itu akan selalu mengusik kenyamanan. Orang bisa dengan mudah bersikap masa bodoh atau memilih tidak peduli meskipun tahu dan sadar atas peringatan-peringatan semacam ini. Namun jangan sekali-sekali berpikir bahwa persoalan pemanasan global akan selesai dengan sendirinya.

Pemanasan global adalah ancaman global yang tak akan pernah surut. “Tidak melakukan apa-apa sama saja menambah risiko ketidak-mampuan kita dalam menanggulangi dampak buruk yang ditimbulkannya,” kata Sir Nicholas Stern, Kepala Departemen Pelayanan Ekonomi dan Sekretaris Tetap Menteri Keuangan Inggris.

Al Gore melakukan satu hal dengan film-nya: bahwa manusia harus bersicepat dengan bencana, untuk mengendalikan suhu bumi. Ia diganjar Piala Oscar (untuk kategori Film Dokumenter Terbaik) karena penyuluhan yang dilakukannya ini. Hanya saja, penonton harus tetap ingat: ini bukannya tentang film bagus, ini adalah fakta mengerikan tentang planet Bumi. [DANI WICAKSONO]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: