Sekolah Balet Sumber Cipta

balet4.jpg

Sekolah ini tak lepas dari kiprah Farida Oetoyo dan almarhumah Yulianti Parani. Kedua sahabat ini mendirikan sekolah balet Nritya Sundara pada 1958. Mereka menyewa ruangan di Metropole atau sekarang dikenal gedung bioskop Megaria di kawasan Cikini. Ini selepas Farida pulang dari Belanda setelah menjalani penari profesional di Ballet der Lage Landen, Amsterdam. Ia juga sempat mengajar di sekolah balet pimpinan Wim Romers di Jakarta.

Pada 1977 barulah Sumber Cipta berdiri. Lokasinya pindah ke Jalan Cempaka no. 8 di Tomang Raya, Jakarta Barat pada 1980, terdiri dari dua ruangan 5×8 meter persegi. Pada 27 Agustus 1995, pindah ke Pondok Pinang, Jakarta Selatan. Tempat inilah yang menjadi lokasi tetap Sumber Cipta sampai sekarang.

Studio latihan berlantai tiga itu persis berseberangan dengan kantor pajak di bilangan Ciputat Raya. Ia dilengkapi prasarana latihan yang memadai. Tiga lantai menari, satu ruangan administrasi, halaman parkir yang luas, dan dikelilingi pepohonan, sejuk dan teduh.

Seperti diakui Farida Oetoyo dalam pengantar pentas Alice in Wonderland, September 2005, Sumber Cipta harus kehilangan sebagian penarinya lantaran berpindahnya lokasi ini. Tempat latihan baru ini terlalu jauh untuk para murid yang menetap di seputaran Tomang.

Pentas tersebut menandai sepuluh tahun kepindahannya dan menjadi persembahan generasi baru Sumber Cipta. Pentas paling anyar terjadi Februari 2007 kemarin di Gedung Kesenian Jakarta. Pentas ini bertajuk Different Dimensions Six Variations on an Introdans Theme. Ini hasil kerjasama tim Introdans Educatie, salah satu sekolah balet terbaik di Belanda. Proyek lokakarya ini dibiayai sepenuhnya oleh Kedutaan Besar Belanda di Jakarta.

Introdans Belanda mengirimkan tiga pelatihnya, awal Februari saat banjir melanda ibukota. Mereka melatih murid pilihan dari usia 8 tahun sampai remaja dan dua minggu kemudian hasilnya bisa dinikmati di atas panggung. Kedatangan mereka juga membawa banyak manfaat untuk Sumber Cipta. Mereka bisa belajar sesuatu dari ketiga pengajar itu. ”Bisa set-up satu pementasan dalam 2 minggu, di mana 75 orang ikut, ini cepat sekali,” kata Farida.

Sumber Cipta akan mementaskan rangkaian tarian balet untuk anak usia 4 tahun sampai remaja berjudul Ballet From Head to Toe. Rencananya tampil di Graha Bhakti Budaya di Taman Ismail Marzuki, 7 April mulai jam 4 sore. Ia merupakan pentas ulangan. Sengaja dihadirkan untuk anak-anak binaan terbaru Sumber Cipta. Seperti dikatakan Farida sendiri, ini ”buat latihan mereka menari di panggung. Buat percaya diri.

Dari hip-hop sampai balet jazz

JUMLAH murid sekolah balet pimpinan Farida Oetoyo sekira lebih dari 200-an. Selain membuka kelas balet, Sumber Cipta juga menerima kelas tari Jawa, Bali, dan hip-hop maupun jazz. Ia juga jadi tempat latihan senam untuk kalangan ibu-ibu saban
pagi.

Namun fokus kegiatan Sumber Cipta tetap pada balet. Ia pun memiliki sebuah kelompok penari profesional bernama Kreativitat Dance Company, terdiri tak lebih dari 10 penari yang umumnya lulusan terbaik sekaligus pengajar sekolah ini. Jumlah instrukturnya sekitar 12-15 orang, tetap maupun tidak tetap, tersebar ke masing-masing cabang sekolah ini di Puri Kencana, Bintaro, dan Bumi Serpong Indah.
Farida ikut sebagai instruktur juga. Ia membuka murid baru tiap hari. Ada formulir
pendaftaran dan jadwal tetap saban minggu.
Ia membuka kelas balet dari usia 4 tahun sampai kelas dewasa. Masing-masing terbagi
dalam Baby Class untuk umur 4-5 tahun; Pemula 1 & 2 (6-8 tahun); Tingkat 1-5 (8-15
tahun); dan Tingkat Lanjut 1-2 untuk usia dewasa.

Jam latihannya sekitar 50 menit sampai 70 menit, tergantung dari tingkatan
kelas. Ini juga berlaku untuk jam latihan, semakin malam semakin diisi untuk kelas dewasa. Kecuali Baby Class, yang menerima empat kali latihan dalam sebulan, semua kelas lainnya mendapatkan dua kali lipatnya. Para murid menerima ujian balet, uji pentas setiap tahun, lokakarya bersama pengajar tamu, selain ujian bersertifi kat ketika lulus. Untuk orangtua murid sendiri ada open class. Ini dipakai sebagai ajang tukar pendapat dan pertanyaan seluas-luasnya dengan para pengajar mengenai perkembangan anakanak mereka.

Anda butuh uang Rp 150 ribu untuk mendaftarkan anak Anda ke sekolah ini. Bagi yang membayar tiga bulan sekaligus akan mendapat potongan 50 persen uang
pendaftaran. Jika ini diulangi lagi tiga bulan berikutnya maka mendapat diskon 10 persen.
Hitung-hitungan biayanya di bawah ini:
Baby Class Rp 275.000 seminggu sekali; Pemula 1 dan 2 Rp 325.000 seminggu 2x; Tingkat 1 dan 2 Rp 350.000 seminggu 2x; Tingkat 3-5 Rp 375.000 seminggu 2x; Lanjut 1 dan 2 Rp 400.000 seminggu 2x [FAHRI]

Sekolah Balet Sumber Cipta
Jl. Ciputat Raya No. 1, Pondok Pinang
Jakarta 12310
T: 765-9467
F: 765-4602

Artikel terkait [klik linknya]
Dipersembahkan untuk para pebalet. – Dari liputan sekolah-sekolah balet, wawancara Farida Oetoyo, hingga esai foto si kembar Adella dan Alleta.

Published by

bataviase

Bataviase Nouvelles adalah kelanjutan koran pertama di Indonesia, yang terbit pertama kali 8 Agustus 1744. Diterbitkan kembali sejak 9 September 2006, sebagai koran bulanan, menyajikan informasi agenda pilihan dari pilihan warga Jakarta.

140 thoughts on “Sekolah Balet Sumber Cipta”

    1. menurut yang saya baca ballet bisa dipelajarin semua umur sya jg pengen bgt les ballet umur sya uda 20an sya tinggal di bali tp ampek skg sya lum dpt tmpt les ballet utk dewasa

      Like

      1. halo dutch, saya juga sempat kesulitan mencari les balet setelah tempat les balet saya pindah ke luar kota,coba saja belajar online atau lewat buku2 walaupun tidak seefektif belajar langsung.kalo mau nanti saya bantu kirim link2nya..i love ballet

        Like

  1. kAlo………. mAu bALeT ALaTnYa aPa aJa y? adA NGgaK cErIta aTw donGeNG TeNtAnG bAlEt???????? tOlOnG BaLeS Ke e-mAiL SayA Y……… MAKASIH………

    Like

    1. ada komik khusus balet judulnya Silver to shoes MAri chan, happy mari chan, nyanyian angsa mari chan dan apa lagi lupa sayanya. pengarangnya mariko omura.

      Like

  2. haloo
    saya sedang membutuhkan banyak referensi mengenai balet terutama yang berkaitan dengan istilah2dalam dunia balet, misal mengenai kostum, gerakan2, jenis2 tarian. apakah saya bisa mendapat referensi tersebut??

    Like

    1. What’s your current grade, Friska? What’s your ballet school actually? Aiming to accomplish your ARAD as well? Best of luck then.

      Like

  3. dari kecil saya suka sekali dgn balet tp ortu tidak setuju dan waktu itu tahun 1999 belum ada sekolah balet dimanado saya cuma ikut wadah dimana saya bisa menari tapi bukan balet cuma ada sedikit unsur balet. usia saya sekarang 24 tahun. kalo saya mau tekuni balet masih bisa gak? tapi dimana saya bisa belajar dikota saya manado saya tidak tau sekolah balet dimana? mungkin bisa kasi informasi. trimakasih

    > waduh, coba tanya langsung via email atau telepon di alamat ybs

    Like

  4. Bisakah Ballet Sumber Cipta membuka kelas kursusnya di Stella Maris International School di Gading Serpong Tangerang dengan sistem pembagian profit sharing?

    > silakan menghubungi langsung ke alamatnya

    Like

  5. saya sangat suka dengan balet. mulai dari kecil hingga kelas 4 SD saya ikut balet. sekarang umur saya 14 tahun dan saya ingin ikut balet lagi. apakah masih bisa? apakah ujian naik levelnya harus pentas? ibu saya tidak mengizinkan say pentas kec. pakaian tertutup. saya setiap hari latihan bale sendiri di rumah…kira2 masih bisa ikut tidak? tolong balas kee email saya

    Like

  6. sayang saya bukan di jakarta, jadi ngga bisa ikut balet di sumber cipta

    Ada yang mau ikut kelas adult ballet di Bandung? usia belasan sampe 20 an bisa ikut. Buat fun sama hobi aja sih, ngga ada ujiannya. ngga perlu pengalaman balet sebelumnya, kalo ada sih bagus.
    yang minat boleh kontak ke clara ballet school
    Kelas nya dimulai bulan mei 2008.
    022-5422197
    Alamat
    Taman Kopo Indah 2 Bok 1B no 20.

    Like

    1. saya punya anak perempuan yg minat banget sama ballet. saya ingin sekali masukin dia les balet. tapi saya orang gak punya…kita2 balet sumber cipta ada program buat anak yg gak mampu ga ya?

      Like

  7. Yang cari Ballet shoes atau ballet equipment, coba link ini deh

    http://www.juliedanceshop.com

    banyak koleksi menarik di sana, datang aja ke toko nya langsung buat yang di jkt.

    (julie, kasih saya diskon lebih ya, dah dipromo in nih ^^)

    Semoga bisa membantu
    (oh ya itu yang minta dibales ke email gimana sih, kan sudah jelas pas kirim comment, ada tulisan MAIL WILL NOT BE PUBLISHED, gimana mao bales ke emailnya?? ada ada aja)

    Like

  8. saya dari surabaya dan pernah ikut Ballet di Surabaya, sekarang saya pindah ke Jakarta. saya dengar dari teman saya kalau disumber cipta mengajarkan ballet Vaganova.saya ingin tau apa bedanya RAD dengan Vaganova?

    Like

  9. Saya sebentar lagi pindah ke Jakarta buat kuliah.
    Saya mau nerusin les balet saya di sana. Rencananya saya mau lanjut di Sumber Cipta. Di Medan saya ikut 2 kelas, advance foundation dan advance 1. Kira2 kalo mw masuk Sumber Cipta ada ujiannya ga? Trus bisa ngambil 2 kelas skaligus ga? Trus, beda RAD dan Vaganova apa ya? Soalnya di Medan saya les di Royal Ballet Centre. Tolong bales ke email saya ya.. Makasih..

    Like

  10. Hallo,saya punya seorang gadis kecil usianya tanggal 28 Juli 2008 nanti berusia 5 tahun.
    kami tinggal di Denpasar-Bali.
    Mohon infonya , apakah ada cabangnya di Bali ya.

    Like

  11. Untuk Lynn…
    Kalau kamu sudah pernah ballet dan mau pindah ke Sumber Cipta kamu bisa beritahu ke bagian administrasi-nya (kalau kamu sudah pernah ballet sebelumnya..dan sampai level apa),jadi kamu bisa trial kelas dulu,nanti dilihat dengan guru-nya sejauh mana level kamu dan sehabis trial kamu akan diberitahu untuk masuk di level apa di Sumber Cipta.

    Sukses ya!

    Jasmine Kamaratih
    ex penari dan pelatih di Ballet SUmber Cipta

    Like

  12. Saya tertarik untuk memasukan anak saya les balet di sumber cipta , tapi saya mau tanya apakah di bulan ini sedang ada program discount atau tidak ya ?

    Like

  13. Julie’s Dance Shop merupakan salah satu toko ballet dan dance yang terbesar di Indonesia yang menyediakan sepatu ballet, baju, stocking, rok ballet dll.

    Alamat Julie’s Dance Shop :
    Ruko Metro Broadway B20
    Pantai Indah kapuk, Jakarta Utara, 14460

    Tel : 021- 300 10 207 / 021-300 10 287
    Email : juliedanceshop.gmail.com

    http://www.juliedanceshop.com

    JDS juga melayani pemesanan melalui telp dan email. Barang akan dikirim melalui TIKI JNE.

    Like

  14. Julie’s Dance Shop adalah salah satu toko ballet dan dance yang terbesar di Indonesia yang menyediakan sepatu ballet, baju, stocking, rok ballet dll.

    Alamat Julie’s Dance Shop :
    Ruko Metro Broadway B20
    Pantai Indah kapuk, Jakarta Utara, 14460

    Tel : 021- 300 10 207 / 021-300 10 287
    Email : juliedanceshop@gmail.com

    http://www.juliedanceshop.com

    JDS juga melayani pemesanan melalui telp dan email. Barang akan dikirim melalui TIKI JNE.

    JULIE’S DANCE SHOP
    WHERE TRUE DANCERS SHOP

    Like

  15. saya sangat menyukai ballet, waktu dulu saya pernah mengikuti les ballet dan wktu berumur 13-14 saya berhenti.
    sakrg saya sdah melanjutkannya lagi
    tp
    apa saya bisa bagus??
    padhal umur saya sdh 16 dan terlihat kaku
    tlg bls ke email saya ya
    thx b4

    Like

  16. saya dulu pernah mengikuti les ballet dari usia 6-14 tahun, pernah hampir mengikuti ujian RAD. tapi saya berhenti. sekarang usia saya 14 tahun.

    apa masih bisa?
    tolong replay ke email saya ya

    thx

    Like

  17. ralat

    saya dulu pernah mengikuti les ballet dari usia 6-10 tahun, pernah hampir mengikuti ujian RAD. tapi saya berhenti. sekarang usia saya 14 tahun.

    apa masih bisa?
    tolong replay ke email saya ya

    thx

    Like

  18. saya belum pernah les ballet,dan saya sangat tertarik dalam tarian ballet.tapi bisa tidak kalau 11 tahun baru masuk ballet?tolong balas ke email saya atau telpon 085694937621,terimakasih

    Like

  19. saya baca artikel di atas, di sekolah ini juga memberikan program hip hop ya.. saya sangat suka menari hip hop, tapi sekarang saya sdh berusia 18 thn. apa masih bisa ?.
    trus, apa sumber cipta tidak ada mmbuka cabang di surabaya?. tolong di balas ke e-mail saya. terima kasih.

    Like

  20. I joined ballet since I was 5 years old, and now I’m 27 years old..I am assisting my ballet teacher in Semarang from 1999 – 2007 with RAD system. I taught children from Baby Class – Grade 8 awards..Now I’m married and move to BSD City..Is there any job vacancy as a Ballet Assistant in Sumber Cipta BSD? Thank you for your understanding and I’m appreciate your help..

    Like

      1. dear ms frega. I haven’t accomplished my ARAD. I did both performing and teaching for those years. Is there any job vacancy in Sumber Cipta BSD ? Thank you.

        Like

  21. saya mau tanya! berapa batas umur untuk ikut ballet?
    apa umur di atas 20 masih bisa ikut belajar/les ballet?
    tolong di balas ya!sebab saya lagi cari info tentang ballet.
    terima kasih.

    Like

  22. hai…tlng bgt…anak saya 4 thn.pgn bgt bljr balet, dance or tari…saya tinggal d bdng…kl ada yg tau, tmpt les balet ato dance yg bagus d bdng…tlng kabarin ya…kl bs, tlng cantumin biaya pendaftaran n bli equipment nya….makasih bgt…

    Like

  23. Minta alamat & telpon, kalau ada Ballet School nya di BSD, terutama dekat dgn Sektor X (De Latinos).

    Sam (Orang Tua Calon Murid Ballet)
    HP 081 2552 8159

    Like

  24. aku sangat tertarik pada balet sejak umurku 12 tahun, dan sekarang aku membutuhkan banyak referensi tentang balet, kostum, sepatu, teknik dan segala sesuatu yang berhubungan dengan balet..
    tolong jika ada informasi mengenai balet.
    oya adakah class untuk baby??
    tolong dijawab ya….terima kasih

    Like

  25. Halo,
    untuk yang cari perlengkapan ballet, pointe shoes, atau mau les ballet dari dasar sampai tingkat lanjut di BANDUNG , Jabar, bisa menghubungi:

    Nartaki Ballet
    Tubagus Ismail komp Alamanda F 83

    Ballet di Bali:

    The Dance Company
    Sunset Road Seminyak,
    gampang dicari karena billboard nya gede banget..

    semoga membantu…

    Like

    1. Bisa minta tolong untuk alamat lengkap Balet di bali yang di jalan Sunset Road seminyak no brp? ada no tlp kah yg bisa di hubungi?

      tnx.

      Like

  26. saya sudah baca artikel d atas. sbnrnya saya sangat tertarik untuk les balet. tapi umur saya sudah 15 tahun dan tidak pernah les balet sebelumnya. apakah saya masih bisa les balet ??
    tolong di balas ke email saya.
    thx be4.
    ^^

    Like

  27. saya mo nanya.
    apakah anda buka cabang d daerah tangerang atau bSd??
    coz rumah saya ada d tangerang.
    tlong d bls k email saya.
    thx be4.
    ^^

    Like

  28. Bagi yang berminat untuk les ballet di Bandung (usia mulai 3 tahun – dewasa), bisa menghubungi Clara School Of Ballet di 022-5225882 – jalan Mekar Agung No 21. Kompleks Istana Mekar Wangi.

    Like

  29. bagi yang berminat ballet untuk pemula remaja hingga dewasa sumber cipta menyediakan kelas ballet dewasa dengan waktu 70 menit setiap pertemuannya dengan biaya:

    – 1 minggu sekali Rp.275.000,- per bulan
    – 1 minggu dua kali Rp. 400.000,- per bulan
    – dan Rp.75.000,- per kedatangan

    Like

    1. Anakku sdh 16 th, dr 5 thn sdh bljr nari tp tdk balet secara utuh dlm arti seringny diajari secr otodidak tdk khusus ditamb dia lat sdr tnp guru dr kaset2..mmg jauh dr sempurna. Apa bs sdh usia 16 th utk br mulai krn sdh bbrp org kami tya bhkn pnh kami ty ke seorg guru balet, dia bil tdk bs. Tlg bs beri kami jwbn… terima kasih.

      Like

  30. dulu saya pernah ikut ballet sampai tingkat 2, kalau pingin ikut kursus ballet ini lagi ngulang darimana ya? walaupun masih ingat basicnya tp badannya udh nggak selentur dulu. saya ulu ikut dr umur 6 tahun smpe 8 tahun, skrg kalau udh 13 taun gimana? tolong dijawab ke email saya yaa, makasih :)

    Like

  31. Anak saya ingin sekali belajar ballet, tapi tempat tinggal kami di bekasi. Ada tidak tempat kursus ballet di bekasi.

    Like

  32. Anak saya ingin sekali belajar ballet, namun kami tinggal dibekasi. Ada tidak kursus ballet di bekasi, terima kasih.

    Like

  33. aku pengen belajar balet disana… umur aku dah jalan 13.. tp aku blum bisa balet sama sekali??? jadi bisa gg?? tolong di balas ke e-mail aku yah

    Like

  34. anak saya kembar cewe’ umur 3 thn, saya tinggal di ciledug ada kursus bale ngk di daerah dekat sana? (tlg jwb ke email saya Ya, thanks)

    Like

  35. boleh tanya?? ini tempat na ada yang di jakarta barat gak yah?? kalau umur 23 masih bisa ballet gk yah?? n da jazz ballet gk??

    pnedaftaran dan tiap bulannya berapa yah??

    kalau bisa tolong di balas ke email yah… terima kasih yah… ^.^

    Like

    1. Hi,
      sekolah balet sumber cipta ada d puri kencana. saya umur 35 malah juga lagi mau balet utk dewasa, minimal 4 orang, sudah terkumpul 2. Saya juga tinggal d jakarta barat, anak saya les d situ, dan saya sendiri juga mau ikut kelas dewasa, mari bergabung.

      Like

  36. Sy punya anak umur 4 th, sempat ikut balet. Tp krn kami sekeluarga pindah ke Bone, jd les baletnya berhenti. kira-kira ada yang jual kaset latihan balet buat dirumah gak? Tolong kl ada yg tahu mohon hubungi Saya.

    Like

  37. Hai ,,,,, anak ku usia 10 th pengen banget latihan balet,,,, yg mau ku tanyakan ….. ada nggak latihan dng alamat di bilangan jakarta timur ? kami tinggal di kalimalang ….. makasih

    Like

  38. hi..ank saya umur 4 thn dia pengen latihan balet,skrg kami tinggal dimanado.ada ga tempat latihan yg dimanado?atau punya cabang ga yang dimanado?krn udh bebrp x saya cari tp blm ketemu jg tempat latihan balet..tolong bls ke email saya..thx y..

    Like

  39. hai… aku tertarik dengan ballet…. tapi usia ku udah jaln 14 , msh bisa ga y kalo baru mulai belajar ballet??? msh bisa bagus g y??

    ada cabang di daerah jakbar g? dimana aj y tempatnya? thanks

    mohon dibalas y…..kalo bisa balas ke email y…..
    email sy..
    cynthia_k4rtika@yahoo.com

    Like

  40. Anak ak mau iktan balet,qr2 mulai brp ya klu mau ikutan tp mslhnya ak tgl d solo.ada ga ya sekolah balet d solo?

    Like

  41. dari kecil saya tertarik dg BALET, tp tak kesampaian,
    krna d linkungan saya tak ada yg suka BALET, skrang usia saya 18 thn, apakah saya masih bisa mengenal dan mempelajari BALET ???
    bls k email saya ya,
    thx before buat infonya.

    Like

  42. buka cabang di daerah bsd ga?alamatnya dmn?biaya les balet utk anak usia 4 thn brp ya?tlg bls tks

    Like

  43. anakku 4th minat bgt m balet tp les balet pasti mahal ya…. bs bantu aku gak agar anakku bs mewujudkan keinginannya les balet bahkan mungkin jadi penari balet, dia serius bgt klo liat video balet di internet dan sptnya bakat alam anakku luwes bgt ngikutin gerakan baletnya…. HELP ME….

    Like

  44. Mau belajar Ballet usia dewasa di bandung..tentu masih bisa..silakan hubungi kami:

    Nez Studio
    Jl.Ciguriang 14 ( samping Kings Shopping Centre) Bandung
    022-91680187

    selain ballet kita juga menerima Menerima kursus Modern Dance, Aerobic, Yoga, Hip Hop, Breakdance, Capoeira… untuk anak-anak, remaja dan dewasa..
    Menerima Koreografer untuk berbagai event : wedding, launching produk, ulangtahun, dan berbagai event lainnya.^^Ayo segera bergabung..Hub:022-91680187/4215084

    Like

  45. klo pengen belajar balet ato hip hop usia 12 th. bisa gg??? Trs tmpt kursus balet sm hip hop d solo kira2 dmn yah??? Bales y k e-mail sy… SECEPATNYA… ^^

    Like

  46. saya ingin belajar balet di bandung. saya tinggal daerah setia budi, dmna yah kira’ tenpat les yang deket setiabudi?
    thanks…

    Like

    1. Hi Rafael.. salam kenal ya.. Di bandung ada Rosana Ballet School di jl kelenteng 26, bisa hubungi 08997950034 kalau kamu berminat atau mau bertanya ^^.
      thank you

      Like

  47. saya suka banget sama balet,tapi umur saya sekarang 18 tahun,kira-kira masih bisa ikutan balet gak yah????

    balas ke email saya yah…

    Like

  48. saya sudah usia 15 tahun, tapi saya berminat banget buat ikut balet.
    Kira-kira anak seumuran saya masih bisa nggak ya belajar balet?
    tolong bales ke email saya ya…
    saya pengen banget soalna

    Like

  49. Aku mau tanya dong… Sekarang umur saya 24th tp saya bener2 pengen les ballet.. Karna itu cita2 saya dr kecil.. Mungkin memang kesempatan saya untuk jadi penari prof. Udh ga bisa tp palin nggak saya mau menjalani cita2 saya sejak kecil yg tertunda karna ga dbolehin sama kluarga. Thanx

    Like

    1. hai Ferucha,tinggal dimana?ballet for adult beginner ada kok di Sanggar Seni Sentul City phone 02132132115 di Sentul City,Bogor

      Like

  50. batas umur minimal berapa ya untuk bisa ikut les balet…??? soale anaku msh umur 3th… thx. jawab ke email ya….

    Like

  51. umur aku 13 tahun tapi tinggi udah 165cm. kira-kira masih bisa ikut, gak? lokasi: Jakarta Timur (no: 083899600992)

    Like

  52. Saya dulu pernah les balet dari umur 5- kelas 5 SD lalu berhenti karena sibuk. sekarang saya umur 20 apakah possible untuk kembali ke ballet? mohon info-nya (kalau bisa direct ke email saja karena bisa lebih personal)

    Terimakasih

    Like

  53. hy…
    salam knal….
    kalau utk seumuran aq masi bisa ga yaa utk ikut less ballet??
    rep iaa…
    atau ke no sy (0838.7464.7176)

    Like

  54. hmm….my question is similar with several up there….

    i am 26 years old…

    i am very interested with dance, especially modern ballet for years…

    now i have chance to do, but i’m afraid i am not capable…
    can i ???

    Like

  55. I’ve been exploring for a little bit for any high-quality articles or blog posts on this sort of space . Exploring in Yahoo I eventually stumbled upon this website. Studying this information So i am glad to convey that I have a very excellent uncanny feeling I came upon just what I needed. I most without a doubt will make certain to do not fail to remember this web site and provides it a look on a constant basis.

    Like

  56. Sekolah ballet sumber cipta buka cabang di bandung ƍäª??klo buka alamatny dimana? •-̶̶•̸Ϟ•̸Thank You•̸Ϟ•̸-̶̶•-̶ ™ (bales ke email aku yh)

    Like

  57. mo tanya alamat lengkap n no tlp buat kursus ballet di daerah seminyak na,,
    bisa sms k 082144074726
    tq

    Like

  58. Sy ingin anak sy yg msh berusia 1th 3bln ikut les ballet,kira2 ad g y t4 les ballet di daerah halim jak-tim?kl ad tlg hub,astrid-087876235798.thx

    Like

  59. Haloo.. Saya dulu sewaktu berumur sekitar 4thunan saya pernah di leskan balet tapi saya merasa bosan, dan entah knapa setelah saya berumur 13 thun, saya ingin mengikuti les balet. Tapi, apakah saya masih bisa belajar yg diusia saya yg berumur 13thn..? Tolong mohon infonya! Thanks..

    Like

  60. hi.. we just moved to manado..looking for a ballet class but so far have no idea or where to go..if you have info about the class pls pm me. thx

    Like

Leave a comment