Kesaksian tentang Gang Kesejahteraan

Bila gang Keselamatan dahulu disebut Gang Madat besar. Maka Gang Kesejahteraan dahulu disebut gang Madat kecil. Letaknya Gang Kesejahteraan kini di sisi kiri Jalan Gajah Mada. Lebarnya pun hampir sama sekitar 3 meter. Lingkungan sekitar juga tak jauh beda dari Gang Keselamatan karena berada di satu tempat, Kelurahan Krukut.

Di sebuah rumah sederhana, Hasan 77 tahun, asal Banten menceritakan masa lalu Gang Kesejahteraan saat bernama gang Madat Kecil. Meski kulitnya keriput suaranya nasih terdengar jelas. Ia ingat–pada usianya ke 12, di tahun 1946 dari Banten ia berangkat ke Batavia.

Gang Madat adalah tanah pertama ia berpijak dan ia tinggal dalam sebuah bilik rumah yang kecil. Tiap hari ia sering lewat di sebuah tikungan sempit ya letaknya kini diantara jalan Kesejahteraan dan jalan Kerajinan. Di pojok tikungan itu ingatnya selalu keluar kepulan asap.. “Kepulan asap itu baunya wangi dan enak,” kata Hasan.

Asap itu berasal dari sebuah bilik rumah yang dipenuhi dengan bulatan kayu dan kepingan papan-papan. Rumah berdinding papan itu terlihat berantakan karena dipenuhi dengan kayu dan papan-papan yang disandarkan di depan rumah. Penghuninya seorang Cina yang bekerja menyerut papan kayu. Di usianya sudah tua, ia tetap rajin menyerut papan-papan kayu. “Tukang serut itu terasa segar dan tenaganya bertambah kuat setelah menghisap sepotong bumbung bambu, seperti seruling yang lubangnya diisi tembakau dan bubuk kecoklatan.”

opium-pipa.jpg

Si tukang serut itu adalah satu-satunya orang yang menghisap madat. Pada tahun 1946 Hasan hampir tiap hari melihat si tukang serut itu. Sambil memegang potongan kayu, bekas gagang sapu, ia memeragakan bagaimana si tukang serut menghisap candu. Warga sekitar Krukut menurutnya tak berani ikut menghisap madat karena tahu bahayanya, selain itu harganya juga mahal.

“Tukang serut itu sangat dikenal karena madatnya,” kata Hasan. Gara-gara si tukang serut itu jalan yang panjangnya hampir 2 kilometer itu menurut Hasan sampai disebut oleh warga dengan Gang Madat Kecil. [Basil]

Artikel terkait:

2 Responses

  1. Aq penggemar reggae dari surabaya.. Buat para penggemar reggae ada yg bisa bantu? Aq nyari cd steven ccnt yg ke 2 album easy going punya q di pinjam teman n gak kembali. Aq wis nyari di seluruh toko kaset tapi gak nemu. Please ada yg mau bantu aq nyari gak? Thanks before n after..

  2. Gang madat pertama adalah di pabrik candu yg terletak di samping Universitas Indonesia di Salemba.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: