Citadelweg

Jalan Veteran I dulu bernama Citadelweg, jalan menuju citadel (benteng) Frederik Hendrik yang terdapat di Wilhelmina Park, kini Mesjid Istiqlal.

Citadelweg tersohor dengan adanya Ragusadie Italiaanse ijssalon; Black Cat club; dan Parkhotel. Dalam foto kuno, di antara rel trem dan rel kereta api, dibalik pohon palm tampak deretan bangunan. Itulah jalan Veteran I dengan bangunan yang sama, sejak 1923, masih berdiri kokoh. Foto di bawahnya diambil April 2007.

Sepanjang jalan Veteran I ada beberapa tempat kesohor, berturut-turut: Cuba Libre; Domus; Bataviase Nouvelles; Gudeg Bu Tjitro; Rive Gauche; Tao Bar; Dapur Baba Elite; Ragusa; dan di ujung jalan: Hotel Sriwijaya.

Ragusa

Tanpa iklan, restoran eskrim ini bisa tersohor hingga ke Australia, Hongkong, dan pastinya Jepang dan Belanda. Sejak 1932 Luigi bersaudara, Franceso dan Vincenzo, mondar mandir Menteng-Gondangdia dengan gerobak es krimnya. 15 tahun kemudian menempati lokasinya yang sekarang.
Meski tidak menjual makanan, Ragusa ramai terus dikunjungi kalangan remaja hingga lanjut usia. Yang paling laris eskrim Spaghetti dan Banana Split. Di pelataran ada sate, rujak juhi, otak-otak yang juga turun temurun berjualan di sana.
Jl. Veteran I No. 10, T: 384-9123 F: 350-174

Tao Bar & Dapur Babah

Sebaiknya Anda reservasi tempat dulu sebelum ke Dapur Babah élite. Ini restoran peranakan Jawa, Babah dan Nonya, yang menyajikan masakan dari resep-resep kuno terbaik. Ada Bakso Kota Lama, Nasi Goreng Bang Samin, Gado-gado Atiem, Bebek Goreng Boemboe Lengkoeas sampai Tumpeng Grand Selamatan Tafel — tumpeng nya para gubernur jenderal.
Interiornya unik, didominasi merah oriental, mebel-mebel antik besar dan kokoh. Patung besar Kuan Yin dan dewa lainnya tegap berdiri seakan menjaga agar perpaduan tiga kultur di sini berjalan baik. Tao Bar menyuguhkan berbagai racikan minuman eksotik.
Jl Veteran I No.18, T: 385 5653 F: 385 3040

Rive Gauche

Interior di Rive Gauche atau Pinggir Kali ini merupakan perpaduan fine art Prancis dan seni tradisional Bali. Begitu juga dengan sajian musiknya, bahkan sampai ke makanan, seperti pasta dengan sambal Bali, misalnya, atau eskrim bubur ilih. Dan tanpa menghilangkan kelezatan dapur Prancis, di sini harga dipatok di bawah restoran Prancis di hotel-hotel mewah. Menu utamanya aneka daging dan seafood dengan berbagai saus keju kental.
Yang menjadi favorit adalah pasta el torro, dengan daging dan saus mozarella. Ada juga escargot yang termasyhur itu. Di sini escargot ala chef, daging siput dengan saus mentega.
Jl. Veteran I no 21, T: 3483-1458 3483-1459

Domus

Masakan Italia di Domus dikenal enak dengan harga wajar. Pizzanya dimasak secara tradisionil, dengan tungku kayu, tentu rasanya jauh lebih enak dibanding kalau dimasak cara modern. Cobalah fettucine all’ arragosta dengan daging lobster, atau spaghetti vongole yang dibubuhi kerang.
Ruangan luas dengan meja yang ditata berjauhan memberi kenyamanan bersantap dan privacy. Juga tersedia ruang-ruang khusus untuk 8-20 orang .
Jika Anda ingin menikmati lezatnya Italia, sendiri di rumah atau bersama tamu-tamu undangan, Domus menyediakan jasa delivery dan buffet catering.
Jl. Veteran I No.30, T: 344-7288, 344-7289 F: 384-4844

Cuba Libre

Dikenal sebagai bar dengan private room untuk merokok cerutu yang classy, tersedia berbagai merk cerutu Havana, menyajikan minuman dan cocktail diiringi musik hidup bernuansa Latin. Di salah satu sudutnya ada sebuah meja bilyar. Happy hournya jam 17:00 – 21:00.
Black Cat yang tersohor itu dulu ada di sini. Cuba Libre kini juga menyelenggarakan diskusi dan talk show, diselingi berbagai perfomansi seni: pembacaan puisi, teatrikal, stand-up comedy hingga unplugged music.
Jalan Veteran I No. 32, T: 344-6703 F: 384-4844

6 Responses

  1. Hoor ! Ik djahadie laper poen !

  2. kalau pake transjak, turunnya di halte mana ya yg paling deket citadelweg ini?

    saya baru tahu tentang bataviase nouvelles… maklum belum lama “nyemplung” ke rimba raya jakarta ini. apakah sekarang masih rutin terbit?

    thx.

  3. tks, bunga
    ada halte juanda (koridor 2 dan 3) dan halte istiqlal (kor2), bisa ambil denahnya di http://bataviabusway.blogspot.com/2008/01/63-halte-dan-27-jembatan-mulai-dibangun.html

    rencananya bataviase nouvelles terbit lagi 9 Februari 2008, menyambut hari pers nasional.

    salam.

  4. aduh keren bgt
    jd pengen ft2 disana >_<
    and kangen ama rogusa jg

  5. wah, precious lebih keren lagi foto-fotonya.
    ayo mampir atuh neng, sekarang banyak perkembangan baru.
    ada mata hari lounge, itu lho mata hari yang kesohor sebagai dancer dan spy
    juga ada sate tomang, di sebelah ragusa
    kedai ragamrasa bareng bu tjitro

  6. kerennn blognya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: