Bus Gandeng di Busway

busgandeng-di-inggris.jpg

Sebanyak 17 bus gandeng untuk busway koridor 5 (Ancol – Kampung Melayu) dijadwalkan tiba Juni 2007 mendatang.
Menurut informasi, kapasitas bus gandeng ini mampu mengangkut 160 penumpang; tigakali lipat dari bus TJ sekarang yang berkapasitas 55 penumpang.

Bus gandeng, atau dalam bahasa inggrisnya accordion bus, bendy bus, atau articulated bus, panjangnya bisa mencapai 18 m, sementara bus biasa hanya 11-14 meter. Di Jakarta pernah dioperasikan bus kapasitas ganda, bus tingkat, atau double-decker bus seperti di London, Inggris.

Dibanding bus tingkat, bus gandeng punya banyak kelebihan. Ia lebih stabil, karena titik pusat gravitasinya lebih rendah; beban tekanan ke jalan lebih kecil; kecepatannya lebih tinggi. Dibanding bus biasa, kelebihannya tentu pada daya angkutnya. Ia juga punya pintu lebih —umumnya 3 sampai 4 pintu, yang memudahkan pengaturan turun naik penumpang.

Kekurangannya terdapat pada kekuatan mesin. Umumnya mesin yang digunakan sama dengan mesin bus biasa, maka akselerasi dan kecepatan pun berkurang karena bebannya bertambah. Di kota yang memiliki banyak tanjakan, mesin bus gandeng rawan kepanasan. Kekurangan lainnya adalah karena panjangnya, ia membutuhkan radius ancangancang lebih lebar untuk berbelok. Di perempatan yang kurang lebar akan menjadi sumber kemacetan. Juga ada kemungkinan satu-dua halte harus digeser karena posisinya menyulitkan pengemudi.

busgandeng-di-italia.jpg

Bus gandeng sudah hadir sejak tahun 1970-an di Eropa, di Asia digunakan sejak 1990-an. Kini tehnologi modern memungkinkan bus gandeng menjadi lebih ringan, atau lantainya lebih rendah —penting untung penyandang cacat. Bisa berbahan bakar gas, bahkan listrik. Busgandeng Kanada menggunakan mesin hybrid —disel dan listrik. Ada pula yang mampu tanpa pramudi. Dikembangkan juga double articulated bus, alias bus gandeng ganda. Panjangnya mencapai 25 meter dengan kapasitas hingga 200 penumpang.

Baca juga:

Denah busway 2008
Ujicoba Busgandeng
Mengintip Busway Nantes

Denah Busway

denah-busway.jpg

6 Responses

  1. saya mendukung busway good! very good !!
    tapi disini saya melihat masih banyak sekali kekurangannya dibandingkan kebaikannya
    coba lihat dan perhatikan terutama u/ gubernur yang baru.
    boleh2x saja membangun koridor busway tapi jangan sampai menghilangkan yang ada! dengan cara paksa mengatasnamakan kekuasaan ( RAKYAT SUDAH CAPE PA !)
    ruas jalan yang hanya 2 lajur dipakai 1 dengan jalur busfuckinway coba bagaimana dengan pengendara lainnya penghijauan dibabat habis, PIKIRKAN PA YANG MATANG jangan hanya MIKIRKAN keuntungan semata PA.
    belum lagi bus yang beroperasional sangat langka sekali kita musti tunggu bermenit-menit dan hasilnya berjubalan juga saat bus datang ke halte.
    busfuckinway yang kita dambakan dan kita impikan ternyata hanya sebuah bus syarat dengan pembodohan untuk kaum miskindan menegah kebawah. kenyamanan untuk berkendara tidak seindah dulu lagi semenjak ada
    bus fuckin way.

  2. Busway dan sistem busway kan masih dalam proses pembangunan.
    Kalo transportasi massal Jakarta macam system busway 15 corridor, Monorail, Subway, dan Waterway sudah jadi semua kan jakarta lebih manusiawi, tidak semrawut.
    Sabar sajalah dulu, sebentar lagi jadi kok.

  3. Wah keren bus gandengnya! Aku mau naik bus itu! Semoga aku bisa cepat mencobanya….

  4. trusin pembangunan bus trans jakarta..
    gpp pnuh dgn kontra.. pada bilang a,b,c,d.. pknya 15 koridornya harus terwujudkan.

    wajar klo masih kurang dalam playanan.
    scara baru 5 thn trans jakarta ada di jakarta.. di bogota colombia.. udh sukses.. udh 24 tahun soalnya..

    ibarat manusia.. busway di jakarta baru anak kcl yang msh tk.. masik terus berkembang..

    di bogota.. 24 th.
    udh lulus kuliah..

    jadi wajar aj msal playananya msh kurang.

    kuncinya cuma di kesabaran.

  5. alah mikirin yang lain, pikirin diri sendiri. udah bnr apa blm. ckck. thx

  6. ll

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: