‘Durian Montong‘ Kebanggaan Singapura

Nama lengkapnya Esplanade. Theatres on the Bay’. Disebut begini karena ia terletak di tepi laut yang mengarah ke Marina Bay. Ia sebuah komplek dengan atap kubah yang berasitektur seperti durian. Esplanade karena itu populer dengan sebutan ‘the Durian’.

Sejak kelahirannya, resmi dibuka 12 Oktober 2002, ‘si Durian’ mengukuhkan dirinya sebagai pusat pertunjukkan dunia yang paling serius di kawasan Asia. Ia menjadi tempat paling ambisius di Asia untuk mendatangkan pertunjukan-pertunjukan kelas dunia mulai musik, teater sampai opera. Singapura menginginkan Esplanade sebagai salah satu kiblat Asia untuk urusan pergelaran kesenian dunia.

Setahun silam saja Esplanade didatangi jutaan pengunjung dan telah menggelar 1.800 pertunjukan. Ia juga menjadi rujukan bagi para turis yang datang ke Singapura. Ia termasuk tempat wisata dan terpampang dalam situs pariwisata Singapura, www.visitsingapore.com.

Kalau anda ketik ‘esplanade singapura’ di mesin pencari google, anda bisa mendapati 28,300 item, jika ‘esplanade singapore’ yang anda ketik, maka diperoleh 892,000.
Hal itu semacam gambaran Singapura yang memperkenalkan dirinya ke dunia lewat sebuah tempat bernama Esplanade. Negeri bikinan Sir Stamford Ra es itu tak lebih besar ketimbang Bali. Bandarnya juga dulu seperti yang pernah ditulis Adinegoro dalam Melawat Ke Barat tak seramai kawasan Sabang Atjeh.

Sekarang arus jaman berbalik. Bandar Singapura termasuk kawasan paling sibuk di dunia. Para seniman kelas dunia pun datang ke situ. Menyedot jutaan turis saban tahun. Termasuk kalangan berduit dari negara Indonesia. [RIE]

One Response

  1. aduh uenaak tenan makan durian montong ye………….
    aye jadi ngiler deh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: