Pemprov DKI Siap Siaga

banjir-header.jpg

Tampaknya Pemerintah Provinsi DKI sudah siap menghadapi banjir seburuk 2002 lalu. Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta menjamin banjir akan dapat diatasi bila semua pompa dan saluran air dapat berfungsi. Situasi terburuk —yaitu terjadinya hujan lokal; luapan air sungai dari Jawa Barat; dan air laut pasang dalam saat bersamaan, akan dapat ditangani.

23 Pompa baru di enam lokasi Jakarta Utara ditargetkan selesai 15 Desember 2006. Rp 500 miliar dialokasikan. Drainase, situ-situ dan sungai diperbaiki.
Juga pembuatan sodetan, perbaikan pompa air, perbaikan turap, pembuatan tanggul Muara Angke, dan penyaring sampah sungai.
Pengerukan lumpur dan sampah sungai antara lain dilakukan dari Jalan I Gusti Ngurah Rai hingga pintu air Pulogadung dan sepanjang Banjir Kanal Barat.
Waduk Pluit disiagakan dengan 11 pompa untuk menyedot Sungai Cideng mengendalikan 26 km2 wilayah Menteng, Cendana, dan Jalan MH Thamrin. Waduk Melati dikeruk untuk menambah daya tampung.

Di bidang non struktur, dilakukan pelatihan yang melibatkan masyarakat. 7.400 personel siaga 24 jam, juga empat helikopter, 440 kendaraan roda empat, 300 perahu karet, 134 ambulan, 240 dapur umum, 160 tenda dan 323 lokasi pengungsian, 324 puskesmas.

Koordinasi dilakukan dengan Dinas Kesehatan, Palang Merah Indonesia, TNI serta Polri yang menyiagakan lebih dari 30.000 personil.

Siaga I akan diberlakukan saat permukaan air di Nendung Katulampa Bogor di atas 310 cm, Pintu Air Manggarai di atas 950 cm, dan Pintu Air Depok di atas 350 cm.
Puncak musim hujan dengan curah 500 mm diperkirakan pada 10 hari terakhir Januari dan awal Februari 2007.

Tampaknya Pemprov DKI dan masyarakat sudah siap. Semoga juga sudah diantisipasi masalah yang juga dialami pada 2002 lalu : pompa tak bisa difungsikan karena PLN harus mematikan listrik. [sumber: Satkorlak dan Berita Jakarta]

Artikel terkait:

Pemprov DKI Siap Siaga
Banjir Jakarta Punya Siklus Lima Tahunan?
Jakarta banjir: Alam dan manusianya
Pengendalian banjir Jakarta, dulu dan kini
Tips Mengemudi Saat Banjir
Sistem Kendali Banjir Batavia
Belanda dan pengalamannya yang seribu tahun
Bendungan Baja Inggris
Banjir 2002, Jerman Rugi 175 triliun.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: