Vienna New Year’s Concert

New Year

Konser Tahun Baru 2007 di Jakarta diselenggarakan Ananda Sukarlan pada 1 Januari di Hotel Nikko dan pada 3 Januari di Taman Ismail Marzuki. Di Wina, Austria, diselenggarakan setiap 31 Desember malam dan 1 Januari pagi, dibawakan oleh Wiener Philharmoniker dan disiarkan ke limapuluh negara.

Biasanya musik yang dimainkan adalah karya keluarga komponis Strauss, yaitu Johan Strauss I, Johan Strauss II, Josef Strauss dan Eduard Strauss. Bunga-bunga yang menghiasi gedung konser Wiener Musikverein adalah hadiah dari kota San Remo di Italia.

Setelah acara utama, para musisi mengucapkan selamat tahun baru, lalu acara ditutup dengan Blue Danube Waltz dan Radetzky March. Jika pada setiap pagelaran musik klasik penonton tidak mengeluarkan suara, maka pada momen penutup ini penonton secara tradisi mengiringi irama mars Radetzky dengan tepuk tangan. Dirigen pun akan membalikkan badan, memandu penonton. Pengecualian terjadi pada Tahun Baru 2005: untuk menghormati para korban tsunami, Mars Radetsky tidak diperformansikan.

Konser Tahun Baru di Wina pertama kali diselenggarakan pada 31 Desember 1939, di masa suram sejarah Austria. Semula ditujukan bagi audiens setempat untuk mengenang masa lalu yang lebih baik dan berharap akan masa depan yang lebih baik lagi.

Dirigen Konser 2007 adalah Zubin Mehta, music director American Youth Symphony. Ia kelahiran India, ayahnya adalah pendiri Bombay Symphony. Harga tiket antara 20 – 360 Euro, namun jauh-jauh hari sudah habis terjual. Untuk konser 2008, pemesanan tiket dibuka mulai 2 Januari 2007. Biasanya setiap kursi banyak pemesannya, sehingga harus diundi. [Wiener Philharmoniker, Sonyclassical, Wikipedia]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: