Antara FFI dan Academy Award

oscar-00.jpg

Piala Oscar atau Academy Award of Merits sudah 78 kali diberikan sejak 1929. Usia Festival Film Indonesia sudah 51 tahun, piala Citra diberikan sejak 1973, tapi adakah separuh kualitas Oscar?

Dewan Juri Film Cerita FFI 2006 diketuai Rima Melati, dengan anggota Noorca M. Massardi (Sekretaris), Embi C. Noer, Eddy D. Iskandar, Remy Silado dan W.S. Rendra. Lima orang menilai untuk 13 kategori.

Di Academy Awards, dimulai setiap Nopember, duapuluh lima kategori dinilai oleh hampir 6.000, enamribu, anggota Academy of Motion Picture Arts and Sciences. Untuk menjadi anggota harus ada anggota yang mengundang untuk mengikuti tahapan nominasi, tentu dengan aturan dan kriteria ketat.

Mereka tidak diperkenankan menerima hadiah maupun gimmicks, maka setiap studio, distributor dan publicist berupaya agar film mereka dilihat oleh setiap anggota. Diselenggarakanlah pemutaran khusus untuk anggota, bebas biaya untuk menonton di bioskop, dan dikirimkan video atau DVD. Academy pun menerbitkan peraturan yang harus ditaati dan mengawasi setiap celah kecurangan.

Voting untuk nominasi penerima Academy Awards dilakukan secara rahasia dan selama 72 tahun(!) terakhir ditabulasi oleh perusahaan auditing Pricewaterhouse. Kerahasiaannya dijamin oleh auditor sampai pada momen pembukaan amplop yang tersohor itu. Academy pun terbebas dari beban sampingan dan bisa menyimaki tugas utamanya. Sedangkan Panitia FFI bisa jauh lebih sibuk menangkis berbagai sangkaan, belum lagi beban emosionalnya.

Informasi tentang prosedur lebih mudah diperoleh dari Academy Award: setiap Januari, Academy akan mengirim kartusuara kepada seluruh anggota. Dalam tempo dua minggu masing-masing harus sudah mengirim penilaiannya ke Price­waterhouse. Hasil tabulasi diumumkan akhir Januari. Tahun 2007 para unggulan akan diumumkan 23 Januari di Samuel Goldwyn Theater.

Kemudian kartusuara final pun dikirim kepada semua anggota. Dua minggu setelah itu Pricewaterhouse akan menyusun tabulasi dan menyimpannya hingga dibuka di atas pentas, di hadapan milyaran pemirsa. Oscar 2007 akan diserahkan pada 25 Pebruari di Kodak Theater di Holywood dengan produser Laura Ziskin dan Ellen DeGeneres sebagai host. Peraturan bisa disimak di www.oscars.org dan www.oscar.com. []

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: