Namarina

Inilah sekolah balet yang terdaftar dalam The Royal Academy of Dancing, London. Namarina terdaftar sejak 1974. The Royal Academy of Dancing merupakan salah satu sekolah balet terbaik di dunia yang memiliki kurikulum berstandar internasional untuk pelatihan sistem pengajaran maupun guru balet. Karena ini pula penguji murid kelas balet Namarina selain juga dari penguji lokal didatangkan dari sana.

Namarina memiliki progam “summer school” untuk belajar seni tari modern.
Sekolah balet ini didirikan oleh almarhumah Nanny Lubis pada 1956. Selain balet, sekolah ini juga membuka kelas jazz dan senam. Maya Tamara Sianturi, putri almarhum, saat ini melanjutkan kepemimpinan Namarina sekaligus direktur artistik.
Biasanya, 2 kali dalam setahun para murid dari kelas balet maupun jazz mementaskan hasil belajarnya sebagai ujian pentas. Kelas jazz diuji oleh penguji lokal. Sedangkan untuk kelas senam, tidak ada ujian, hanya sebatas latihan rutin senam kebugaran.

Namarina memiliki lima kelas balet. Dari kelas ‘pre ballet’ untuk usia 3-5 tahun dan ‘pre primary’ untuk usia 5-12 tahun. Akan halnya Jazz memiliki tiga kelas.
Sedang senam punya lima kelas. Semua cabang Namarina, baik di kantor pusat maupun Kebayoran Baru, Grogol, Tebet, Pondok Gede, dan Bintaro, melayani kelas-kelas balet tersebut. Lama belajar balet di sini, untuk semua tingkatan, sekitar 8 bulan sampai setahun.

Jumlah murid Namarina secara keseluruhan sekitar 2000 orang. Di Namarina setiap kelas rata-rata dihuni 20 murid. Mereka latihan selama satu jam dengan jadwal yang sudah ditentukan. Jumlah instruktur dari keseluruhan kelas sekitar 40 orang.
Biaya pendaftaran Namarina: Rp 250.000. Sementara untuk iuran bulanannya besarannya beragam, mulai dari Rp 175.000 tapi juga tergantung kelas yang diambil. Namarina juga mengadakan pelatihan “Dance & Beyond” setiap 2 tahun sekali. Ini merupakan intensive performing arts programme untuk mengisi liburan sekolah. Ia biasanya diadakan pada bulan Juli mirip program summer school.

Namarina Youth Dance

Tepat pada usianya yang setengah abad, Namarina resmi meluncurkan dance company bernama “Namarina Youth Dance”. Peluncuran langsung dibuka dengan menggelar pertunjukan Point of No Return, di Gedung Kesenian Jakarta. Dipentaskan tiga kali, 30 Desember 2006 serta 20 dan 21Januari 2007 lalu.
Pentas tari itu juga menjadi ajang puncak dari rangkaian acara 50 tahun Namarina yang dimulai sejak akhir Maret 2006. Acara itu menampilkan dua koreografi tari. Venice Journey karya Dominique Genevois, mantan penari utama Paris Opera dan Maurice Bejart, menjadi pembuka.
Koreografi kedua: limapuluhtahun, karya koreografer Sussi Anddri, kepala bidang balet di Namarina. Tari ini diiringi komposisi musik dari kelompok Suarasama yang dimotori Irwansyah Harahap, dosen etnomusikologi Universitas Sumatera Utara, Medan. Kelompok musik ini dikenal bergaya kontemporer namun memakai pendekatan worldmusic.

Sebagaimana tersampir pada namanya, Namarina Youth Dance diperuntukkan bagi para penari muda. Ia bersifat semi profesional. Namarina Youth Dance punya keinginan agar nanti sepenuhnya mampu mandiri. Kelompok tari ini menerima para penari punya keinginan menekuni dunia tari setotalnya. Kini jumlah penarinya 21 orang. Semua perempuan. Namarina Youth Dance membuka para donatur memberi bantuan fi nansial maupunkeahlian. [FAHRI]

Namarina Pusat
JL. Halimun No. 43
Guntur, Jakarta 12980
T: 829 4777, 829 4778
F: 829 8985
E: namarina@indosat.net.id
http://www.namarina.org

Artikel terkait [klik linknya]
Dipersembahkan untuk para pebalet. – Dari liputan sekolah-sekolah balet, wawancara Farida Oetoyo, hingga esai foto si kembar Adella dan Alleta.

Tulisan terkait:

24 Responses

  1. Di bulan Desember nanti, anak saya berusia 3 Tahun. Rencananya saya akan ikut sertakan Balet di Namarina.
    Saya ingin sekali memperoleh informasi lebih lanjut mengenai namarina balet. Tolong di kirimkan informasinya yach. Thanks

    ibu yosi, tks. untuk informasi lebih detail kunjungi http://www.namarina.org dan kontak langsung saja ke sana.

  2. alamat cabang,kalau bisa jakarta selatan

    tks patricia. ini alamatnya:

    NAMARINA KEBAYORAN
    Jl. Gandaria Tengah III No. 9
    Kebayoran Baru, Jakarta 12130
    Phone +6221 739612

    NAMARINA TEBET
    Jl. Tebet Timur Raya no. 14
    Jakarta 12820, Indonesia
    Phone +6221 8296377

    NAMARINA BINTARO
    Jl. Bintaro Selatan Blok N1 No.3
    Bintaro Jaya, Sektor 1
    Telp. 735 4071
    HP 0817 6557040

    NAMARINA PONDOK INDAH / LA CITRA Studio
    Jl Gedung Hijau Raya THII / 1,
    Pondok Indah, South
    Jakarta, Indonesia
    Phone +6221 7653166 / 75900481

    untuk lebih lengkapnya, kunjungi aja http://www.namarina.org/branches.htm

  3. ada cabang jakarta barat?

    NAMARINA KEBAYORAN
    Jl. Gandaria Tengah III No. 9
    Kebayoran Baru, Jakarta 12130
    Phone +6221 739612

    NAMARINA TEBET
    Jl. Tebet Timur Raya no. 14
    Jakarta 12820, Indonesia
    Phone +6221 8296377

    NAMARINA BINTARO
    Jl. Bintaro Selatan Blok N1 No.3
    Bintaro Jaya, Sektor 1
    Telp. 735 4071
    HP 0817 6557040

    NAMARINA PONDOK INDAH / LA CITRA Studio
    Jl Gedung Hijau Raya THII / 1,
    Pondok Indah, South
    Jakarta, Indonesia
    Phone +6221 7653166 / 75900481

  4. berapa umur minimum untuk masuk ke kelas ballet namarina?

  5. kalau umur maksimalnya berapa?

  6. bisakah saya mendapat referensi mengenai balet?terutama istilah yang dipakai dalam dunia balet, misal kostum, gerakan2 dan jenis tarian. terima kasih sebelumnya

  7. klo mo ballet dr umur 17 tahun masih bisa ga sih??? tolong bales ke email saya donk, saya lumayan tertarik nih, bsa bls ke email saya

  8. ada cabang di jakarta timur ga?

    tks princess, tanya langsung ke Namarina, ya
    ada alamat, telepon, HP, email….
    good luck

  9. kalau masuk namarina minimal umur berapa?

    naia, dan rekan-rekan lain yang ingin info lebih jauh, please hubungi langsung ke website atau email atau alamat yang tertera di artikel tersebut. maaf ya, di sini sifatnya hanya reportase, jadi info lainnya akan lebih akurat jika langsung ditanyakan ke sumbernya. tks.

  10. saya bertugas di Bali punya gadis kecil ,usianya tgl 28 Juli 2008 adalah 5 tahun.Mohon info kira2 di Bali ada Cabang Balet yang bisa menyalurkan bakat si kecil?thx

  11. hm..saya uda 17…mo ikut masi bsa ga??lalu plg bgus ikut klas ballet apa???tolonk blZ k email yap..tQ…tertarik ni…heheh..^^

  12. saya pernah ikut les ballet di namarina juga. tapi kls 4 sd saya berhenti. skrg saya umur 14 thn. kira2 masih bisa ngga?

  13. umur saya 18 tahun,bisa gak c belajar ballet?? dari dulu saya selalu menginginkan belajar ballet,tapi di kota tempat saya tidak ada fasilitsanya.
    dan… saya ingin sekali membeli point shoe, walau saya gak bisa ballet,tapi saya ingin sekali membelinya.kia2 dimna tempat saya bisa membelinya di daerah jakarta dan sekitarnya?mohon di bls n trims

  14. namarina.Sy berusia 19 thn.Dulu sy pernah ikut les ballet dulu.Sekarang berdomisili di Mks.Skrg ingin belajar ballet lagi.Apakah masih bisa?Kelas apa yang diambil.Apabila dalam 3 bln sy mengikuti kursus di Jkt,apakah sdh bs lulus dan mendptkan sertifikat?
    Mohon dibls di email.Thx.

  15. namarina.Sy berusia 19 thn.Dulu sy pernah ikut les ballet dulu.Sekarang berdomisili di Mks.Skrg ingin belajar ballet lagi.Apakah masih bisa?Kelas apa yang diambil.Apabila dalam 3 bln sy mengikuti kursus di Jkt,apakah sdh bs lulus dan mendptkan sertifikat?
    Mohon dibls di email.Thx.(cupu_holic1712@yahoo.com)

  16. Mau tanya dong, kalo yg untuk anak 3 – 5 tahun itu kelasnya brp kali seminggu? Dan biayanya berapa? Di tunggu ya infonya

    Terima kasih

  17. ada jual frencise gak ya???thx

  18. Namarina. Umur saya 15 tahun. Masih bisa ngga ikutan les balet? Balessss ya

  19. Kalau udah umur 19th, ada kelasnya gak ?

  20. klo namarina di pondok gede alamat’a pa y???

  21. Saya berumur 13 tahun apakah masih bisa ikut ballet?kelas apa yg hrs saya pilih?tolong dibalas ya..

  22. saya dulu pernah les ballet pengen lanjutin lagi boleh tidak? umur saya sekarang 15th. saya tinggal di bengkulu dan cita-cita saya ingin jadi guru ballet kalau saya jadi murid di namarina saya boleh mengajar juga tidak di tempat lain? karena dibengkulu belum ada tempat ballet.
    rencananya kalau di namarina boleh jadi murid dan boleh mengajar di tempat lain juga saya mau pp jakarta – bengkulu, supaya anak2 bengkulu juga bisa belajar ballet dan saya juga bisa terus mengasah kemampuan saya. plse bls y

  23. sbnrnya namarina cabang pondok gede ada ga ya?? pliss info

  24. namarina ada gak di daerah grogol?

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

